Candy Cane // For Christmas Celebrate

Hi...!!!!! Christmas is coming!!!yeeyyyy!! Euforia natal dimana-mana sudah mulai bergema. kali ini saya akan berbagi kisah tentang salah satu benda yang tidak akan pernah lepas dari perayaan natal : CANDY CANE. Apa itu candy cane?
                Candy cane adalah permen berbentuk tongkat berwarna merah putih dengan rasa mint. Walaupun demikian, permen ini juga tesedia dalam berbagai rasa, warna dan lebar garis yang berbeda-beda. Permen tongkat ini merupakan permen tradisional yang biasanya disediakan  dan dipergunakan untuk hiasan saat perayaan natal di Amerika Serikat. Pembuat permen tongkat yang pertama adalah pendeta Perancis dari awal tahun 1400-an. Pada mulanya, permen ini keras, berbentuk batang permen yang lurus dan berwarna putih.

                Lalu,mengapa disebut permen tongkat?  Beginilah ceritanya...

                Berawal dari ide pemimpin paduan suara di Cologne Cathedral yang merasa kesulian untuk mendiamkan anak-anak yang ribut di Gereja saat Misa berlangsung. Sewaktu berada di toko permen, ia melihat permen keras berbentuk tongkat lurus berwarna putih. Ia pun memiliki ide untuk memberikan anak-anak permen tersebut karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghabiskannya sehingga mereka pun bisa diam untuk sementara waktu. Si pemimpin paduan suara meminta bantuan pembuat permen untuk membengkokan ujungnya supaya terlihat seperti tongkat gembala. Sebelum misa berlangsung, anak-anak dikumpulkan dengan tujuan untuk mengingatkan anak-anak tentang para gembala yang memegang tongkat saat kelahiran Yesus.
                Seiring berjalannya waktu kegunaan permen tongkat ini bebubah menjadi hiasan natal oleh seorang imigran Jerman-Swedia di Wooster,Ohio yang meletakkan permen tongkat pada pohon Natalnya dan tidak beberapa lama, banyak yang mengikutinya. Hal ini menjadi keseruan tersendiri bagi anak – anak yang selalu menunggu saat permen tongkat yang menjadi hiasan pohon Natal boleh diambil, biasanya pada hari Ephifani tanggal 6 Januari.
                Permen tongkat bergaris merah putih diperkirakan muncul pada tahun 1920-an oleh seorang pemilik toko permen di Albany - Georgia,Amerika serikat bernama Bob McCormick yang menemukan cara memilin permen tongkat berwarna. Teknik tersebut  akhirnya ditiru pembuat permen yang lain. Banyak orang yang bilang garis-garis putih pada permen tongkat mewakili kesucian Tuhan  Yesus Kristus, sedangkan garis merah adalah luka-luka yang Dia derita demi menyelamatkan umat manusia. Sementara bentuknya yang juga seperti huruf “J” ditujukan untuk Jesus ( Yesus ). Menyambut perayaan Natal tidak hanya sekedar mengihias rumah dengan hiasan Natal atau berbelanja berbagai keperluan baru,yang terpenting adalah hati dan sikap kita akan makna Natal itu sendiri dan selalu ingat akan kasih dan pengorbanan Yesus bagi kita semua.


                Selamat menyambut kelahiran yesus kristus. Kiranya damai natal menyertai kita semua.Merry christmas everyone!!!!!ho..ho...ho...hooo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

dimana ada gula,disitu ada semut.Dimana ada wanita,disitu ada....aaahh sudahlaahh..

LUKA HATI

HATI YANG RELA MENGAMPUNI